Selasa, 06 Desember 2011

PERMAINAN GEULAYANG TUNANG DI ACEH





Geulayang Tunang terdiri dari dua kata yaitu geulayang yang berarti laying-layang dan tuning yang berarti pertandingan. Jadi geulayang tuning adalah pertandingan layang-layang atau adu layang yang diselenggarakan pada waktu tertentu. Permainan ini sangat digemari di berbagai daerah di Aceh. Mengenai nama permainan ini kadang-kadang juga ada pula yang menyebutnya adud geulayang. Kedua istilah yang disebutkan terakhir sama artinya, hanya lokasinyalah yang berbeda.
Pada zaman dahulu permainan ini diselenggarakan sebagai pengisi waktu setelah mereka panen padi. Sebagai pengisi waktu, permainan ini sangat bersifat rekreatif. Oleh karena itu, permainan ini sering kali dilombakan dalam acara peringatan hari kemerdekaan Ri atau event-event lainnya.
Geulayang Tunang
Geulayang Tunang consists of two words, geulayang means competition. So Geulayang Tunang is a kite competition, which held in a specified time period. This is a well-known and favorite game all over Aceh. Sometimes, some people called it adud geulayang but it has the same meaning, only different location.
This game played in their spare time after harvest. As a spare time activities, this game was very relaxing so often become a contest at independence day of Ri or the other events.
http://plik-u.com/?p=509

JANGAN LUPA